Entri Populer

Minggu, 23 Januari 2011

Tips Agar Anak Semangat Kembali ke Sekolah

Liburan panjang akhir tahun sudah berakhir. Kini saatnya si kecil harus kembali menjalankan rutinitas ke sekolah. Hal ini tentu tidak mudah. Setelah selama beberapa hari bahkan pekan mereka menikmati liburan tanpa beban, kini buah hati Anda harus menghadapi pelajaran dan tugas-tugas yang tentu makin sulit.
Rasa cemas pun pasti ada pada diri si kecil menghadapi kembali rutinitas sekolah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membantunya menyiapkan diri menyambut kembali saat-saat bersekolah.



Selesaikan pekerjaan rumah
Biasanya saat liburan, anak mendapat tugas yang harus dikerjakan saat liburan. Mendekati saat masuk sekolah, pastikan si kecil sudah menyelesaikan tugas-tugasnya. Akan lebih baik jika anak sudah menyelesaikan tugasnya jauh-jauh hari. Jika tidak, akan timbul kepanikan yang membuat anak makin enggan berangkat sekolah.
Siapkan peralatan baru
Salah satu hal yang membuat anak semangat kembali ke sekolah adalah peralatan sekolah baru. Biarkan anak memilih sendiri buku tulis dan alat tulis dengan karakter lucu yang mereka suka. Hal itu akan membuat mereka semangat belajar dan juga menjadi sarana bersosialisasi dengan teman-temannya. Akan lebih menyenangkan jika Anda mengajari anak untuk membuat pernik-pernik peralatan sekolahnya sendiri. Misalnya tempat pensil hasil kreasi sendiri. Benda-benda hasil prakarya tentu akan membuat anak lebih bangga.

Pola Tidur
Selama liburan, pola tidur anak tidak beraturan. Jika pada musim sekolah mereka terbiasa bangun pagi, di saat liburan mereka lebih bebas bangun siang. Sedangkan malam hari, mereka berangkat tidur lebih malam. Agar anak kembali ke pola tidur pada saat sekolah, beberapa hari menjelang liburan berakhir, biasakan anak menepati jadwal tidur dan bangun seperti saat sekolah. Sehingga pada saat sekolah sudah dimulai, anak sudah siap dengan pola yang lama.

Teman-teman
Lingkungan sosial yang menyenangkan di sekolah bisa membuat anak bersemangat kembali ke sekolah. Jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda tak semangat berangkat sekolah, ingatkan dia pada teman-temannya di sekolah. Jika hubungan sosial anak dengan teman-teman sekolahnya cukup baik, akan ada rasa rindu bertemu teman-temannya itu. Terlebih setelah liburan panjang, anak telah menyimpan banyak pengalaman yang bisa diceritakan pada teman-temannya.

Bekal sekolah
Siapkan pula bekal sekolah yang menarik untuk si kecil. Ajak dia membantu menyusun ide dan menyiapkan bekal sekolahnya sendiri. Dengan demikian, akan ada rasa bangga terhadap bekal hasil buatannya sendiri.


Tidak ada komentar: